Rona Mentari

tell a story, reap a wisdom

Thausiyah dan Entertainer


Assalamualaikum..

Saya jadi inget waktu ada jadwal thausiyah di daerah Bantul, lalu saya bilang insyaallah pengalaman hari itu akan saya masukkan ke blog. Ya, walaupun sudah agak telat, tapi disini Rona mau berbagi pengalaman thausiyah di daerah Bantul.
Kebetulan yang nelfon memberikan undangan itu guru ngaji saya dulu, tapi sekarang sudah berkeluarga. Silaturahim tetep dijaga dong... Seperti biasa sebelum hari H, Rona selalu menyiapkan isi dan bahan sendiri, biar lebih mandiri. Dan enggak lupa gitarku, Trimbil (temen bonekaku), dan kakakku dengan keyboardnya. Saat-saat tampil seperti ini adalah saat yang wah banget.., bayangkan kita berada di depan orang-prang yang memang berniat untuk melihat,mengikuti, dan memperhatikan kita. Kalo grogi, insyaallah itu udah bukan masalah. Masa-masa grogi itu harusnya udah lewat kan..
Berbeda dengan yang lain, Rona menyampaikan thausiyah dengan entertainment. Itu kenapa saya memberi judul posting ini "Thausiyah dan Entertainer", disinilah uniknya. Setiap thausiyah, Rona berharap yang dateng bukan hanya dapat sedikit kisah-kisah baru yang menambah wawasan (ya walaupun tentunya ilmu Rona sangat sedikit sekali dibanding Bapak Ibu yang menonton) , tapi juga dapat membuat yang dateng kesana jadi senang, terhibur. Jadi penyampaiannya nggak harus tegang, tapi santai, modern, keren, dan up to date!.
Kalo gitar, itu adalah salah satu keunikan lainnya, setiap Rona thausiyah pasti selalu pake lagu, kadang Rona pake gitar sambil nyanyi, kadang nyanyi diiringi kakak. Jangan tanya suaraku ya.. Terutama temen-temen sekolah ni, pasti heran temennya Rona yang lebay itu ternyata nyanyi juga to. Dan kalo pake gitar nama Rona berubah, bukan Rona Mentari tapi Rona Irama!, yaa.., padahal saya bukan penggemarnya.
Nah, kalo trimbil, dia adalah boneka yang selalu aku bawa ketika thausiyah, walopun itu yang nonton orang tua, pasti Rona keluarin. Trimbil adalah teman yang selalu punya masalah sesuai thausiyah yang Rona bawakan, dan dia ini selalu minta pendapat sama Rona dan penonton semua. Dan dia paling malu kalo ketemu temen-temen didepan. Ya ya ya.. lucu sih. Tapi kalo Rona tanya ke hadirin "Trimbil seperti apa ya?" lalu hadirin njawab "Kayak ROna..!", padahal belom dikeluarin tuh. Eh pas dikeluarin semua ketawa, karena Trimbil ini adalah boneka MONYET!, hhaha. Masa' Rona mirip Trimbil...
Satu lagi!, budaya Jawa! itu juga salah satu ciri khas Rona ketika thausiyah. Karena Rona enggak mau budaya lokal tergusur sama budaya-budaya asing yang negatif. Jadi Rona selalu pake suluk wayang setiap penampilan Rona.
Well.., panggung adalah tempat Rona. Ketika Rona sudah diatas panggung, nggak ada lagi yang bisa 'menghentikan' Rona. Dengan segala tingkah polah dan spontanitas2 itu semoga Rona mampu meraih cita-cita ROna sebagai Moslem Entertainer, Duta Indonesia, dan Enterpreneur! Amin..
Terharu juga karena banyak sekali pengalaman yang membuat Rona merasa 'sangat kecil'. Rona banyak menemukan anak-anak dengan berbagai keunikan, subhanallah.. Ayo ayah bunda.., beri wadah untuk anak-anak biar mereka bisa berkembang dan punya cita-cita! Jadi ingat Bunda Neno Warisman, beliau sangat ingin anak-anak Indonesia berkembang tanpa 'disetir' para orang tua. Satu pikiran dengan saya..
Terimakasih buat semua masyarakat yang mendukung dan telah mengundang Rona.. Dari Jakarta, Cianjur, Bandung,Palembang, Bali, Magelang, Bantul, DIY, Aceh, semuanya..! Buat temen-temen sekolah, buat sekolah.. terimakasih dukungannya.. (aku kok kayak habis menang panasonic award sih, hhaha)

Wassalamualaikum..

6 komentar:

ega227 April 17, 2009 at 6:38 AM  

PERTAMAXXX

hehehe, mampir ya

ke blog baruku juga:
http://not-crime.blogspot.com

blog yg lama:
http://egablog227.blogspot.com

Yoedhis April 19, 2009 at 7:53 AM  

caiyo
semangat ya
budaya jawanya jgn lupa dikembangkan trus

Septa April 22, 2009 at 6:57 AM  

rona emang top deh, keren..keren..

Ellyna Aisha Sari April 28, 2009 at 4:51 AM  

ronaaaaa, waaaaa hebat kmu ron! ak jd pgn tau lg struggle mu ngeraih ap yg km harepin wkwkwkwkw
masalah km selalu bw budaya jawa tu TOP banget ron! keren2 km masukin nilai2 dalem thausiyah mu
go rona! kejar cita2 mu ^_^

Sukses Risdianto May 27, 2009 at 3:32 AM  

keep up the good work :D

Rani! June 2, 2009 at 5:26 AM  

:)) iya terakhirnya jadi kayak pemenang award

Total Pageviews

Tentang Saya

My photo
Yogyakarta, Sleman, Indonesia
Seperti mentari yang merona-rona. Mungkin itu alasan sekaligus harapan orang tua saya memberi nama Rona Mentari. Saya adalah juru dongeng. Beraktivitas di dunia ini sejak tahun 2000. Dongeng menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Salam kenal! Mari bersilaturahim juga via instagram di @mentarirona

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah catatan tulisan berdasarkan pengalaman, cerita, karya, dan berbagai cerita penulis - Rona Mentari. Kadang juga berisi celotehan kekesalan berbentuk puisi atau sekedar kegundahan tentang sekitar.

Popular Posts

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget

Followers