Rona Mentari

tell a story, reap a wisdom

My First Time in Sumatra


bismillahirrahmannirahim
Assalamualaikum..

blogging time! oke, selama 17 tahun aku hidup di dunia, aku belum pernah ke sumatra. Jawa Bali aja yang dikunjungin. Bukan apa-apa, karena emang nggak ada sodara deket yang tinggal disana. Sering sih kepikiran untuk pengen pergi ke pulau lain selain jawa atau Bali. Tapi, waktu itu nggak pernah terwujud, nggak masalah sih. Lagian kan juga ntar mau ngapain kalo nggak ada tujuan. Waktu berjalan, di SMA banyak temen temen yang asalnya dari bumi andalas itu. Riau, palembang, medan, aceh... wah pengen bgt ke sumatra.

Sampai pada suatu saat, ada telfon dari seseorang untuk ngundang aku sebagai pengisi acara istighosah dan pembagian santunan anak yatim di Riau. Waww... *bayangin yang asik asik*. Sebelumnya pernah juga, ada job di palembang, tapi karena satu dan lain hal, nggak jadi deh. hhuhu. Ternyata Allah Maha Baik, nggak jadi ke Palembang, tapi diganti ke Riau. Alhamdulillah, thank you Allah.

Seneng banget rasanya. Padahal bukan untuk liburan lo, tapi perform disana, tapi gak tau kenapa rasanya seneng banget.

Oke, berangkat hari Minggu sore, sampe di Riau malem jam 10 11an . Ngrasain pertama kali transit naek pesawat. Ini nih yang nyebelin, maskapai pesawat yang tak pake, yang berinisial LA itu delaynya masyaAllah. Bikin jetlag . Bagian ini bikin mood nggak enak, ditambah lagi HP yang nggak bisa dipake. Dan usut punya usut ternyata tuh hape nggak bisa dipake keluar kota kalo belom di aktivasi, CDMA sih. Tapi itu nggak masalah. Hitung-hitung tambah pengalaman.

Sampe bandara Riau, langsung naek taksi ke hotelnya. Karena di Riau lagi ada acara Rakernas sebuah partai, taksinya suka nakal. Nggak pake argo, kasih harga seenak sendiri. Tapi nggak papa, hitung-hitung sedekah. Sampe deh di hotel Grand Zuri. Disitu kami bertiga istirahat dan jadi tempat basecamp.

Esoknya hari Senin, kami survei tempat, check sound, dan latihan di kamar hotel pake keyboard gitu. Semoga yang diluar nggak kedengeran.hihihi. Tempat performnya di lapangan besar, dibikin tenda. Disana saya perform di acara istighosah, berdoa dan dzikir bareng 3000 anak yatim dan salah satu tokoh nasional (Bapak Aburizal Bakrie aka Pak Ical).

Perform dimulai dengan shalawat. Sambil nunggu Pak Ical, saya yang perform untuk menghibur, berbagi kisah kisah penuh hikmah, dan nyanyi bareng anak anak yatim. Subhanallah, mereka komunikatif dan atraktif. Jadi thausiyah yang Rona sampaikan jadi hidup. Setelah itu saya turun panggung, dilanjutkan dengan dzikir bersama para alim ulama setempat. Setelah itu Pak ICal datang. Nah ini yang diluar rencana. Aku disuruh membawakan acara bareng Pak Ical. Mantap.

Pak Ical naek panggung, saya dibawah panggung performnya, dimulai dengan renungan yang biasanya aku pake. Lalu, shalawatan dan nyanyi bareng anak anak yatim. Kemudian berdialog antara pak Ical dan anak yatim. Sambil nyanyiin yel yel dari anak anak yatim buat beliau. Oke, yang pas Rona pimpin yel yel, nervousnya... nggak kayak biasanya. hhahaha. tapi its ok.

Banyak wartawan disana, katanya Mama, aku sempet ke shoot di beritanya AnTV, hhaha.

Alhamdulillah acara berjalan lancar..., walaupun sebelumnya sempet ada kendala di sana sini. Itulah kuasa Allah, Ia akan memberikan kemudahan setelah kesulitan kesulitan datang.

Dari situ kami makin belajar profesionalisme sebagai performer, ridho Allah (karena semua itu nggak akan terlaksana tanpa izinnya), dan tentu anak-anak di Riau yang haus akan ilmu (baik ilmu agama, maupun ilmu ilmu lain).













(Aku yang pake jilbab UNGU)

Terimakasih Allah, terimakasih semua... Thats my first experience in Sumatra yang akan dilanjutkan ke perjalanan - perjalanan ke sumatra selanjutnya. Aminn

Wassalamualaikum

Ini yang kita sebut "Komitmen"

Assalamualaikum..,

Alhmdulillah blogging juga, udah luamaa benjet nggak ngeblog. Ya, akhir akhir ini saya lagi banyak berjanji dan bikin planning ini itu yang keliatannya sih WAH. Tapi pada akhirnya saya membatalkan planning planning itu. Ya, waktu saya sharing sama salah satu kakak mentorku di pildacil dulu, itu lah yang namanya KOMITMEN. Itu berarti aku tidak berKOMITMEN dengan apa yang dikatakan. Ya ya ya, setelah melalui perdebatan panjang, *lebay*. Maksudnya setelah ditimbang dan dipikir pikir sampe sholat istikhoroh segala. Saya menentukan 2 komitmen yang jadi target paling dekat ku. Sebenernya ragu ragu juga pas mo nulis ni blog, karena bisa aja komitmenku ini ntar malah enggak kesampean, huhhh. Tapi itu NAUDZUBILLAHmindzalik.., jangan sampe.., aku bisa kok, kamu bisa, KITA BISA!


Komitmen pertama: buat dan PUBLISH buku sebelum UAN! is it possible? YES IT IS!

komitmen kedua: LULUS dan KULIAH di UI lewat PBOS/smcamnya jurusan KOMUNIKASI

Fuhhh., ini ambisi, komitmen, dan janji. Akan tercapai insyaAllah..
Ya, tulisan ini semoga bisa jadi bahan pengingat sekaligus dari temen2 yang baca. Jadi semacam motivasi gitu, ato lebih bagus lagi kalo temen2 mau ngingetin, ato pun ngasih kritik dan saran soal komitmen komitmen itu. :D

A BIG JOURNEY IS ALWAYS STARTS FROM ONE STEP

wassalamualaikum..

Sebuah Penyesalan Sebuah Harapan

takbir itu terdengar hambar
hati ini beku tanpa getar
tapi aku masih dalam sadar
perut ini masih berkicau ketika lapar

menyalahkan keadaan yang terlontar
kehilangan itu lailatul qodar
sudahlah jangan banyak menghindar

benarkan itu hatimu yang memudar
jangan hanya kerugian yang tersebar


Ya Allah, pertemukan aku kembali dengan ramadhanmu esok..

Tidurnya Orang Berpuasa

Assalamualaikum...

Kita pasti demen tidur kalo lagi puasa. Apalagi pas tau kalo tidur di bulan ramadhan itu ibadah. Subhanallah.., terharu bercampur gembira rasanya hati ini, hhahaha lebay. Awalnya saya memakan mentah-mentah informasi itu. Saya pun yakin dan menganggap kalo tidur itu ibadah. Sehingga bisa dibilang, kalo banyak tidur berarti banyak ibadah. Jangankan mencari dalilnya, bertanya pada orang yang lebih expert pun saya tidak.
Ini yang saya alami. Gimana kalo temen temen, apa sama juga seperti saya? Nah, hingga suatu saat seorang ustadz menjelaskan tentang tidur ketika berpuasa di TV. Memang tidakada sesuatu yang kebetulan di mata Allah. Dari situlah saya baru tau hakikat sebenarnya tidur ketika berpuasa itu. Jadi tidur ketika bulan ramadhan itu akan menjadi ibadah ketika tujuannya untuk mengembalikan energi untuk kembali beribadah kepada Allah. Jadi kalo alasannya karena lapar, mengulur waktu biar tau tau udah buka itu enggak boleh. Tidurnya enggak jadi ibadah.
Disitulah saya baru mengerti yang sebenarnya. Lagian kalo misal kita tidur siangnya kelamaan bisa bisa sholat kita terlewatkan. Naudzubillah..

Sekarang saya jadi sangat seneng sekali kalo perform thausiyah bawain tema ini. Karena ini ilmu peringatan yang sangat menggugah bagi saya. Semoga bisa diambil hikmahnya..

Kita hampir menuju 10 malam terakhir ramadhan, yok kita tingkatin ibadah.. dan berdoa buat sodara sodara kita yang terkena bencana di jawa barat dan sekitarnya. Dan untuk keselamatan Indonesia our LOVELY COUNTRY.

Wassalamualaikum

Sebuah Percakapan Seorang Ayah dan Anaknya

Assalamualaikum.. Khaifa khaluk? hhaha, di sekolah lagi ada kelas bahasa, dan aku ambil bahasa arab. ROCK men! asik. Seandainya dari dulu aku belajar..

Oke, gimana puasanya? still okay dong.

Langsung aja, percakapan antara ayah dan anak ini semoga bisa kita ambil hikmah nya.

Anak: Ayah, kalo dosa itu gimana?
Ayah: Ya dosa, bisa masuk neraka.
Anak: ohh.., mungkin nggak yah, dalam satu hari manusia enggak melakukan dosa.
Ayah: Wah susah itu nak, sangat mungkin.
Anak: Kalo dalam satu jam gimana yah?
Ayah: Masih sangat memungkinkan juga, apalagi kalo bohong, bisa tambah lama itu bohongnya..
Anak: Kalo dalam satu menit nggak berbuat dosa, mungkin gak yah?
Ayah: Mungkin.., setan itu ada setiap saat lo, sangat setia menggoda kita
Anak: *Anak bingung dan manyun* Umm, lalu kalo dalam satu detiiiikkk aja yah..
Ayah: Nah itu baru mungkin enggak berbuat dosa.
Anak: *tersenyum* oh gitu ya yah, berarti kita harus menjaga perbuatan kita dalam setiap detik waktu yang kita laluin ya yah..
Ayah: *memandang anaknya sambil tersenyum* Itu kamu lebih pintar dari pada Ayah..
Anak: Anaknya siapa duluu... hhaha *sambil meletakkan telapak tangan di dada nya*


...................

So? kamu bisa simpulkan sendiri dong.. :D

KEEP PRAYING,
Allah Allah Allah
Wassalamualaikum..

Marhaban Ya Ramadhan

Assalamualaikum..

Alhamdulillah, akhirnya datang juga bulan ramadhan. Bulan penuh berkah dan ampunan, bulan dimana momen kita untuk terus menjaga iman kita. Menjaga nafsu. Bulan dimana binar cerah wajah terpancar ketika berbuka. Bulan dimana seluruh stasiun tv berlomba-lomba menampilkan acara terbaiknya. Bulan dimana kitab suci Alquran turun. Bulan dimana Allah memilih umatnya untuk mendapat hidayah pada malam lailatul qodar. Bulan dimana kami berusaha untuk selalu mengingatmu.

Sebenarnya setiap saat setiap waktu kita harus menjaga iman kita, nggak harus di bulan ramadhan. Tetapi keistimewaan bulan Ramadhan itulah yang membuat ibadah kita terasa berbeda dari hari-hari biasanya.

Banyak sekali keistimewaan itu, ini beberapa contohnya:

a. Bulan pahala
Di bulan ramadhan, pahala ibadah sunah dinaikan menjadi pahala ibadah wajib. Dan pahala ibadah wajib dilipatgandakan 70 kali lipat.

b.Syaiton di penjara/dibelenggu
Sehingga yang menjadi musuh terbesar kita adalah nafsu kita sendiri

c.Pintu syurga dibuka lebar
Siapa coba yang nggak ingin masuk surga?

d. Malam lailatul qodar
Ini terjadi pada sepuluh hari terakhir, semoga kita mampu mendapatkannya, aminn

Rasulullah bersabda "Seandainya umatku tahu istimewanya bulan ramadhan, mereka pasti menginginkan seluruh bulan adalah bulan ramadhan"

Teman, di momen ini, ayo kita berusaha mendekatkan diri kita pada Allah. Mari kita dengarkan panggilan adzan, dengarkan suara hati, lihat fakir miskin, perhatikan anak yatim. Saya dan kita semua belajar.., Semoga kita termasuk orang-orang yang berbahagia ketika bulan puasa datang. Satu lagi, ramaikan masjid yuukk...

Doa kita..

Ya Allah, jaga iman kami dan teman2 kami, jauhkan kami dari nafsu nafsu buruk yang mampu menggoda iman kami.
Ya Allah, jauhkan kami dri sifat sombong dan tidak peduli, jadikan kami orang orang yang peka ketika banyak orang disekitar kami yang tidak bisa berbuka dengan layak.. ketika banyak orang disekitar kami yang tidak bisa berbuka puasa bersama-sama keluarganya..,
Ya Rahman., jaga lisan kami, perbuatan kami..
Ya Rahim.., jadikan kami orang orang berbahagia ketika bulan suci ini datang
jadikan kami orang-orang yang bersedih ketika bulan suci telah telah usai..
Ya Allah, jadikan kami orang orang yang engkau pilih di malam lailatul qodar
Ya Allah, kami hanya makhluk lemah yang penuh dosa, bantu kami Ya Allah..

Amin..

Marhaban Ya Ramadhan.. :D We Love YOU!

Wassalamualaikum..

Sajak Sebatang Lisong

Menghisap sebatang lisong
melihat Indonesia Raya,
mendengar 130 juta rakyat,
dan di langit
dua tiga cukong mengangkang,
berak di atas kepala mereka

Matahari terbit.
Fajar tiba.
Dan aku melihat delapan juta kanak-kanak
tanpa pendidikan.

Aku bertanya,
tetapi pertanyaan-pertanyaanku
membentur meja kekuasaan yang macet,
dan papantulis-papantulis para pendidik
yang terlepas dari persoalan kehidupan.

Delapan juta kanak-kanak
menghadapi satu jalan panjang,
tanpa pilihan,
tanpa pepohonan,
tanpa dangau persinggahan,
tanpa ada bayangan ujungnya.
…………………

Menghisap udara
yang disemprot deodorant,
aku melihat sarjana-sarjana menganggur
berpeluh di jalan raya;
aku melihat wanita bunting
antri uang pensiun.

Dan di langit;
para tekhnokrat berkata :

bahwa bangsa kita adalah malas,
bahwa bangsa mesti dibangun;
mesti di-up-grade
disesuaikan dengan teknologi yang diimpor

Gunung-gunung menjulang.
Langit pesta warna di dalam senjakala
Dan aku melihat
protes-protes yang terpendam,
terhimpit di bawah tilam.

Aku bertanya,
tetapi pertanyaanku
membentur jidat penyair-penyair salon,
yang bersajak tentang anggur dan rembulan,
sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya
dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan
termangu-mangu di kaki dewi kesenian.

Bunga-bunga bangsa tahun depan
berkunang-kunang pandang matanya,
di bawah iklan berlampu neon,
Berjuta-juta harapan ibu dan bapak
menjadi gemalau suara yang kacau,
menjadi karang di bawah muka samodra.
………………

Kita harus berhenti membeli rumus-rumus asing.
Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,
tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan.
Kita mesti keluar ke jalan raya,
keluar ke desa-desa,
mencatat sendiri semua gejala,
dan menghayati persoalan yang nyata.

Inilah sajakku
Pamplet masa darurat.
Apakah artinya kesenian,
bila terpisah dari derita lingkungan.
Apakah artinya berpikir,
bila terpisah dari masalah kehidupan.

19 Agustus 1977, oleh WS Rendra


Assalamualaikum..

Saya sebenarnya tidak begitu kenal beliau, bahkan saya baru tau kalau beliau mualaf. Saya pernah tampil dalam satu panggung. Walaupun beliau ketika itu tidak melihat saya baca puisi. Tapi yang pasti, sajak ini membangun jiwa kami. Puisi yang cerdas, bermakna, dan tersampaikan. Sangat peka. Jadi manusia ya seperti ini, peka dengan lingkungan, paham apa yang terjadi, dan mampu membuatnya jadi lebih baik. Semoga bisa jadi motivasi kita.

Selamat jalan WS Rendra..

Wassalamualaikum.

Maaf, nggak sengaja..

Assalamualaikum..

PAGI!

singkat aja. Ini pengalaman agak memalukan, tapi semoga bisa diambil positifnya deh. Walaupun aku juga nggak tau dari mana bisa ngambil positifnya.

Jadi, waktu itu me and ma sista ke ATM. Mbakku mo nge cek transferan. Karena aku juga ada keperluan transfer, dan ATM nya enggak cuma satu kabin, aku masuk ke kabin lain. Setelah selesai aku menuju ke kabin ATM yang dipake mbakku. Antri lumayan, ada 5-6 orang an lah. Ngliatin wajah-wajah para pengantri yang udah nggak sabar, butuh uang.., hhehe.

Disamping ma sista yang lagi berkutat dengan mesin uang itu, nggak tau dari mana ada suara kentut.., itu aku! dengan santainya kentut. *&$$@$*, mbakku sih awalnya biasa aja. Setelah beberapa detik kemudian. "Ihh baunya.." keluh mbakku. Aku lihat sekeliling kabin, 1 kali 1 meter nggak ad kali ya, mana tertutup lagi. Wah, bahaya nih si Mr.KENTUT nggak bisa keluar dari ruangan. DIa terkurung. DODOL, kenapa aku bisa dengan santainya kentut di kabin ATM! Mana antrinya lagi panjang..

Oke, dengan pede nya aku sama mbakku keluar kabin. Nahan ketawa. Sampe beberapa langkah, kami kelepasan, bwakakakka. Mana disitu rame lagi, maklum depan supermarket. Nggak berani ngeliat ke belakang, ke arah kabin.

Naiklah kita ke motor, ngeliat orang2 pada antri. Oh My God!, mereka ngliatin kami dengan wajah aneh.., mungkin ad juga yang masih bertanya - tanya..

Kita ngeliat mahasiswa yang barusan masuk kabin keluar, mukanya merah. "bbbwaka", dia muntah muntah di depan kabin, hihihi . (Oke paragraph ini bikin bikinan..)

*hhe, maaf nggak sengaja :D

Makanya berfikirlah sebelum bertindak..

Wassalam..

Gara - Gara Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga



Assalamualaikum...

Jadi kali ini aku mau berbagi pengalaman bodoh. Tujuannya ya biar kita enggak ngikutin dan bisa jadi pelajaran buat kita sendiri.

Jadi hari itu habis maghrib My Mom minta buat dianterin ke sebuah acara. Saya menyanggupinya dengan mantap. Berangkatlah kami bersama My MOVO (vw kodok). Sampai di tempat tujuan. My MOM berkumpul bareng teman2nya. Aku juga ikut nimbrung, makan, minum. Sampai sekitar 1 setengah jam an. Trus karena aku mau nyetak foto. Sebelum ke tempat parkir aku nyetakin foto dulu.

Nah sampailah kami ke tempat parkit MOVO. Dengan PEDE nya aku buka pintu, pasang seat belt, dan masukin kunci. Nah pas aku mau starter MOVO. Tidak ada sama sekali tanda-tanda kehidupan dari si MOVO. "Are u okay??" Aku pikir mungkin yang kedua kalinya bisa. Aku coba kedua kalinya. *Zingg....*, sama sekali enggak ada suara. O M G, what should I do? Aku bilang ke Ibu kalo MOVO nggak bisa nyala.

Mulai deh paniknya. Aku telfon orang bengkel. Katanya suruh dorong aja sambil masukin gigi 2. Yaudah aku panggil tukang parkirnya, dan ddoronglah si MOVO. Di dorong trs sama sekali enggak ada tanda tanda kehidupan. Si MOVO tetep diem.

Orangnya meninggalkan aku dan MY MOM di pinggir jalan. Katanya sih mo cari montir, tapi ditunggu lama nggak dateng-dateng. Aku udah nggak enak sama mamaku. Aku bilang "Mama pulang dulu aja naek taksi" dengan sok pahlawannya. My MOM bilang enggak usah. Okelah, lagian cuma just kidding doang, masa' aku mau sendirian sih disini. Oke. Beberapa saat kemudian ada orang dateng. Alhamdulillah mau bantu. Intinya singkat cerita ada di tempat itu ada tukang paskir yang tadi sama montirnya ang katanya tidur makanya lama. Orang yang dateng berniat ngebantu, orang yang bawa mobil buat nyetrumin aki sama dua anaknya, sama orang-orang yang dateng begitu aja. Mungkin penasaran sama apa yang terjadi.

Ternyata apa alasan MOVO nggak mau nyala? AKI nya TEKOR. And you know why? Aku baru inget kalo aku belom matiin lampu pas tadi parkir. Mana lampunya yang aku nyalain itu lampu jauh lagi. Sampai bener-bener mati ti. Alhamdulillah... pas di stroomin aki nya. Mobilnya bisa menyala seperti sedia kala. Terimakasih semuanya. Me and MY MOM melanjutkan perjalanan pulang. And, nggak ada masalah sampe rumah.

Jadi temen-temen smuanya. Intinya gara-gara cuma lupa matiin lampu aja efeknya bisa sampe kayak gitu. So, teliti ya. Pastikan semua telah kembali seperti semula! :D

Wasslamualaikum

MY HOPE

Asslamualaikum..!

Postingan blogger lumayan banyak yang cerita tentang HOPE mereka. Boleh juga, ini waktu yang tepat buat mikirin proyek kita selanjutnya, kan liburan. Dan kalo udah punya pikiran-pikiran untuk project kita, harus ditulis nih, biar gak lupa. Aku tulis di MAGIC BOOK-ku. Buanyak! Nggak papa lah.., kita kan berusaha, who knows kita bisa melakukan semuanya.. AMIN!

Dari sekian banyak HOPE atau PROJECT itu, ada dua yang paling aku prioritaskan.

1. Aku mau bikin MIND MAP hidupku. Jadi umur sekian aku harus apa, apa yang harus aku punya. Seperti itu. Tapi aku belom sempet bikin. Sok sibuk nih. Jadi menurut penelitian di Amerika, 80 % lebih orang sukses membuat PROJECT yang jelas dalam hidupnya. Bisa ditiru nih. Itu jadi semacam stimulus buat kita untuk melakukan PROJECT 2 yang sudah kita rancang sebelumnya. *At tin ayat 4, "Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baik bentuk"*, Jadi berusahalah dalam hidup ya Ron! :D

2. Rancang pembuatan BUKU! Ya, aku punya target awal tahun depan aku sudah nerbitkan buku. Ada dua rancangan buku dalam pikiranku. Buku dongeng sama buku tentang dunia thausiyah yang entertainer. Kata guruku, Pak Arif, aku harus nargetin tiap hari bikin cerita. Tapi aku akan berusaha setiap minggu untuk bikin dongeng itu. Kalo finishingnya bisa belajar dari orang-orang yang emang sudah expert di bidang ini. Yang penting niatku inilah. AYO RON!

Nah, dua PROJECT itu semoga bisa aku lakukan! Amin... mohon doanya ya temen2.

JAzakallah.. Wassalamualaikum..

Puisi Juara!

Assalamualaikum..

Sebelumnya maaf kalo judulnya agak sedikit 'meninggi'. Maksudnya biar tertarik baca aja. Ini salah satu puisi bikinanku yang juara 1 Young Hearts Competition. Puisi ini mungkin bisa jadi tolak ukur puisi temen-temen. Sekedar info aja, juri lomba ini adalah Bpk Prof Suminto A Sayuti, di sunia sastra beliau sudah sangat terkenal. Beliau adalah guru besar UNY. Lalu Mbak Evi Idawati, penyair perempuan Indonesia. Dan yang terakhir Pak Hamdy Salad, beliau juga sudah banyak makan garam di bidang sastra. Oh iya, beliau juga suami dari ibu Abidah El Khalieqy, penulis buku Perempuan Berkalung Sorban.
Oke, langsung aja, ini puisinya




Nama Pengarang: Rona Mentari
Judul: Saksi Mati


Tulang kayu coklat mengkilap terhubung syaraf paku baja
Berdiri tegak bersiap untuk menantang jaman
Susunan jati tebal idaman duniawi
Tertata rapi menarik jiwa haus ilmu
Sudut ruangan berhias papan tulis adalah rumah
Akulah sang kursi ilmu

Seorang anak bertubuh kurus datang kepadaku
Dengan wajah berhias mentari pagi
Dia duduk diatasku
Tenang ringan kusangga
Aku tersenyum nyaman

Namun ketika masa bergulir memuai waktu


Keceriaan itu memudar muram
Tajamnya jarum jam menusuk pelan menyiksa relungnya
Detak terdengar keras kasar memekakkan telinga


Brak!


Aku mengerang terhimpit
Anak itu terhempas menuju ke arahku

kasar lewat dorongan keras tangan kuasa seseorang


"Hey kau bagai sudra berlipat derita
Kau tak pantas ceria!"

Perihnya mengalir dan meradang di tiap seratku
Aku pun semakin lemah dengan karungan luka

Beban derita anak itu menjelma godam besar
Memukul mukul tiap sendiku
Merontokkan satu demi satu paku keyakinanku

Kakiku patah tanganku terhempas lepas terpisah raga
Lumpuh layu aku
Getaran kata menyulut sumbu lidahku yang kelu

Hentikan godam derita anak itu biarkan dia berkawan ceria

Kelu itu terdengar hanya sayup di telingaku
Tak ada yang berubah
Sang waktu terus bergulir menggilah kisah

Satu lagi
Sebuah karakter terbunuh diatasku
(Jogja 2008)

Taukah temen- temen apa maksudnya?? Ini adalah BULLYING! ,kekerasan di sekolah. Yang disini KURSI adalah benda yang menceritakan, mengalami, mengetahui... Begitu. Any comment? atau ada yang perlu ditanyakan? :D
Makasih apresiasinya buat semua. Wassalam.

Sampaikanlah dengan puisi

Assalamualaikum...

Mungkin banyak diantara kita ngrasa puisi itu kuno banget, atau terkesan cupu *mungkin lo*. Tapi kalo kita udah tau puisi, bakalan asik deh.

Pertama: Puisi sebagai media mengungkapkan sesuatu dengan cara yang sopan dan berseni

Kedua: Puisi itu bisa buat curhat kita, apapun itu, entah marah, sedih, apapunlah!, tanpa orang tau apa yang sebenernya sedang kita rasakan. Gimana ya? Pokoknya kita bisa bikin puisi yang cuma kita sendiri yang tau maksudnya hhaha *evil laugh*. Puisi pada siapapun...

Ini ada contoh puisi bikinanku, msh dalam taraf belajar, jd klo ada yg salah jangan laporin polisi! hhaha

Aku HambaMu

dalam gelap aku merasa
sangat dekat denganNya

setiap langkahku ku berdoa

setiap kata Dia slalu kupuja

tapi tak tau malu rasanya
kalau hanya dalam gelap saja
hamba macam apa sebenarnya

hanya patuh jika ada perlunya

Itulah sifat manusia
walau memang paling sempurna

tapi setanpun bisa mempengaruhinya

tinggal iman dan taqwa kita

yang bisa merubah segalanya
6 Maret 2007 (19.25)

Puisi yang kedua aku bikin dengan 'emosi'. Jadi pahami aja.. ini salah satu cara meluapkan emosi dengan cara yang baik.. :D hhe

Untitled

Apa gunanya aku belajar
kalo yang salah bisa jadi benar
membuatku marah besar

ingin bertindak gusar
sebenarnya siapa yang harus aku incar
sengaja aku minta ijin keluar
daripada emosiku makin menjalar
sudah susah - susah melembur belajar

mereka dengan mudah berkoalisi diatas tikar

apa mereka tidak sadar kalo yang mereka lakukan tidak benar
apa mereka tidak takut dikejar

oleh malaikat yang samar - samar
tapi apa daya aku hanyalah hambar
takut pula mengingatkan mereka yang tidak sadar

Yang ketiga. Coba tebak apa artinya!

Untitled

Fase ini pasti dilalui
perjalanan tuk makin mengerti

rasa teh gula atau teh garam
pelangi mejikuhibiniu

terkadang perlu garam
diatas teh berkeliling gula
atau semut akan berkerumun
tapi biar kita lebih baik


dentuman sering susah diprediksi

memang susah dirasa


Ketiga puisi ini dibikin dalam keseharian. Tapi ada juga yang puisi ku yang juara. Tapi besok2 dah aku postingin. Ayo bikin puisi ! hhehe

wassalamualaikum..

Satpol PP Kenapa sih??


Assalamualaikum..

BEHHHH..., kalo udah liat berita satpol PP menggusur, atau satpol PP menjaring PKL di TV, pasti Rona gemes. Kenapa? ya, aku gag tau apa memang kerjaannya mukul - mukul orang seperti itu? atau memang mereka dibekali untuk benar - benar gag punya hati ya. Puncaknya ketika Rona melihat berita di TV. Kronologisnya kurang lebih seperti ini:
Ketika itu ada razia satpol PP, tau lah kalo satpol PP udah bertindak, ntar barang dagangan para PKL juga diambil paksa. Udah gitu dirusak lagi. Jadi wajar aja kalo para pedagang kaki lima itu lari terbirit-birit waktu denger ada satpol PP datang. Nah waktu itu ada pedagang bakso gerobak, karna takut dagangannya diambil dan dia gag bisa makan lagi. Pedagang itu langsung lari membawa grobaknya. Karena dia punya anak, tanpa pikir panjang anaknya ditaruh di gerobak itu. Pedagang bakso pastilah panik dengan situasi itu. Satpol PP ngejar-ngejar pedagang bakso. Pedagang bakso itu jatuh kehilangan keseimbangan. Anaknya jatuh tersiram air kuah bakso yang mendidih. Bakso dagangannya tumpah ruah di jalanan.
Waktu ngliat peristiwa itu di TV rasanya terharu banget. Kadang Rona berpikir, emang PKL ngrusak pemandangan ya? Menurutku PKL justru menjadi keunikan atau ciri khas sebuah tempat. Kalo gag mau kotor, harusnya diberi penyuluhan, atau denda bagi yang mengotori, atau bahkan diberi tempat khusus.
Lebih sedih lagi ketika mendengar, anak pedagang bakso itu akhirnya meninggal dunia setelah dirawat beberapa hari do rumah sakit. Innalilahi wainnailaihi rojiun..

Pak SATPOL PP, mungkin bapak tidak bermaksud seperti itu. Tapi tindakan - tindakan itu justru sudah sangat mencoreng citra SATPOL PP. Masa' SATPOL PP identik dengan penggusuran paksa, penghancuran rumah, dan sebagainya. Anehnya tidak sedikit dari para korban itu memiliki surat- surat lengkap serta tidak diberi tahu sebelumnya.
Ya Allah.., semoga kejadian pedagang bakso itu tidak terulang lagi. Cukup terakhir kalinya. Semoga SATPOL PP bisa mengubah citra yang telah terlanjur negatif di mata masyarakat..

Jazakallah
Wassalamualaiakum

Diatas langit masih ada langit ...


Assalamualaikum...

Teman.., ungkapan dalam judul itu memang sering kita denger. Tapi pernah gak kita menyadari hal itu? Ya.., dalam banyak kesempatan aku sering sekali menemukan hal itu? Langsung aja, ini beberapa pengalaman-pengalaman itu:

> Waktu aku ngisi thausiyah di kasongan bantul, Yogyakarta. Seorang anak berpenampilan rocker saya panggil keatas panggung. Singkat cerita, waktu aku nanyain "Cita2nya mau jadi apa?" dia menjawab cepat "Guru!".

Subhanallah.., anak ini bercita-cita menjadi seorang yang mulia. Jarang sekali ada anak seperti itu, paling banter ingin jadi dosen, ya karena gaji dan kesejahteraannya. Aku aja tidak berpikir seperti itu. Hebat! Aku merasa 'kecil' didepannya.

> Ketika aku di pildacil best of the best. Salah satu finalis tereliminasi pertama kali. Dan ketika dia diwawancarai, dia mengucapkan sebuah kalimat yang bikin aku tertegun "Aku gpp kok tereliminasi, lagian kita kan baru menang di dunia, bukan di akhirat, apa yang perlu dibanggain", Ya Allah, sekali lagi anak 7 tahunan itu mbikin aku semakin merasa 'kecil'.

> Ada lagi anak kecil umur 6 tahunan yang subhanallah..pinternya bukan main. Waktu ditanya "Masuk kamar mandi pake kaki apa?" Tentu kita akan jawab, kaki kiri!, tapi dia jawab dengan pede dan keras. "Pake kaki belakang!". Tau maksudnya? coba temen-temen analisis sendiri. Kreatif banget ni anak.

> Waktu aku dan teman-teman berencana mau nonton. Tapi salah satu dari kami gag bisa ikut, dengan alasan "Sory gag bisa, lagi bersih-bersih rumah" hmm, oke, patut dicontoh. *yg merasa jd bagian dr cuplikan ini jgn GR ya, hwahahah*

Beberapa cuplikan pengalaman ini memang tidak ada artinya kalo gag dibarengi sama kesadaran bahwa di atas langit masih ada langit. Mungkin temen2 punya banyak pengalaman semacam ini, Ayo share lewat komen. Semoga kita bisa belajar dari pengalaman itu. Amin..

Wassalam..

Pasti ada hikmahnya

Asslamualaikum..

Ini pasti ada hikmahnya. Walopun didepan mata tidak, tp bisa aja iya. Allah maha adil kok. Ini kan datang semata-mata untuk meninggikan drajat kita. Allah sayang kita, sayang kami... Kuatkan kami Ya Allah.. kami..

Subhanallah walhamdulillah walailahailallahuallahuakbar..

Wassalam.... :D

Thausiyah dan Entertainer


Assalamualaikum..

Saya jadi inget waktu ada jadwal thausiyah di daerah Bantul, lalu saya bilang insyaallah pengalaman hari itu akan saya masukkan ke blog. Ya, walaupun sudah agak telat, tapi disini Rona mau berbagi pengalaman thausiyah di daerah Bantul.
Kebetulan yang nelfon memberikan undangan itu guru ngaji saya dulu, tapi sekarang sudah berkeluarga. Silaturahim tetep dijaga dong... Seperti biasa sebelum hari H, Rona selalu menyiapkan isi dan bahan sendiri, biar lebih mandiri. Dan enggak lupa gitarku, Trimbil (temen bonekaku), dan kakakku dengan keyboardnya. Saat-saat tampil seperti ini adalah saat yang wah banget.., bayangkan kita berada di depan orang-prang yang memang berniat untuk melihat,mengikuti, dan memperhatikan kita. Kalo grogi, insyaallah itu udah bukan masalah. Masa-masa grogi itu harusnya udah lewat kan..
Berbeda dengan yang lain, Rona menyampaikan thausiyah dengan entertainment. Itu kenapa saya memberi judul posting ini "Thausiyah dan Entertainer", disinilah uniknya. Setiap thausiyah, Rona berharap yang dateng bukan hanya dapat sedikit kisah-kisah baru yang menambah wawasan (ya walaupun tentunya ilmu Rona sangat sedikit sekali dibanding Bapak Ibu yang menonton) , tapi juga dapat membuat yang dateng kesana jadi senang, terhibur. Jadi penyampaiannya nggak harus tegang, tapi santai, modern, keren, dan up to date!.
Kalo gitar, itu adalah salah satu keunikan lainnya, setiap Rona thausiyah pasti selalu pake lagu, kadang Rona pake gitar sambil nyanyi, kadang nyanyi diiringi kakak. Jangan tanya suaraku ya.. Terutama temen-temen sekolah ni, pasti heran temennya Rona yang lebay itu ternyata nyanyi juga to. Dan kalo pake gitar nama Rona berubah, bukan Rona Mentari tapi Rona Irama!, yaa.., padahal saya bukan penggemarnya.
Nah, kalo trimbil, dia adalah boneka yang selalu aku bawa ketika thausiyah, walopun itu yang nonton orang tua, pasti Rona keluarin. Trimbil adalah teman yang selalu punya masalah sesuai thausiyah yang Rona bawakan, dan dia ini selalu minta pendapat sama Rona dan penonton semua. Dan dia paling malu kalo ketemu temen-temen didepan. Ya ya ya.. lucu sih. Tapi kalo Rona tanya ke hadirin "Trimbil seperti apa ya?" lalu hadirin njawab "Kayak ROna..!", padahal belom dikeluarin tuh. Eh pas dikeluarin semua ketawa, karena Trimbil ini adalah boneka MONYET!, hhaha. Masa' Rona mirip Trimbil...
Satu lagi!, budaya Jawa! itu juga salah satu ciri khas Rona ketika thausiyah. Karena Rona enggak mau budaya lokal tergusur sama budaya-budaya asing yang negatif. Jadi Rona selalu pake suluk wayang setiap penampilan Rona.
Well.., panggung adalah tempat Rona. Ketika Rona sudah diatas panggung, nggak ada lagi yang bisa 'menghentikan' Rona. Dengan segala tingkah polah dan spontanitas2 itu semoga Rona mampu meraih cita-cita ROna sebagai Moslem Entertainer, Duta Indonesia, dan Enterpreneur! Amin..
Terharu juga karena banyak sekali pengalaman yang membuat Rona merasa 'sangat kecil'. Rona banyak menemukan anak-anak dengan berbagai keunikan, subhanallah.. Ayo ayah bunda.., beri wadah untuk anak-anak biar mereka bisa berkembang dan punya cita-cita! Jadi ingat Bunda Neno Warisman, beliau sangat ingin anak-anak Indonesia berkembang tanpa 'disetir' para orang tua. Satu pikiran dengan saya..
Terimakasih buat semua masyarakat yang mendukung dan telah mengundang Rona.. Dari Jakarta, Cianjur, Bandung,Palembang, Bali, Magelang, Bantul, DIY, Aceh, semuanya..! Buat temen-temen sekolah, buat sekolah.. terimakasih dukungannya.. (aku kok kayak habis menang panasonic award sih, hhaha)

Wassalamualaikum..

Matematika dan Islam

Assalamualaikum...

Ya, kebetulan saya lagi ujian kompetensi . Dan ujiannya ya ini, menulis blog tentang matematika. Awalnya bingung juga, hha blog matematika? Yap, tapi kebingungan itu cuma berlangsung sebentar, alhamdulillah udah aku temukan tema yang tepat untuk blog matematika ini.

Buat temen-temen, mungkin bisa dibilang pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang ditakuti atau nggak disukai, tapi saya nggak akan bahas soal rumus atu apalah itu. Saya cuma mau ngebahas soal ilmu dasar matematika dan bangsa Islam, tanpa membawa - bawa masalah agama. Kenapa?, karena waktu browsing di google tentang matematika dan Islam, aku buka link yahoo answer. Dan disana pertanyaannya adalah mempertanyakan bangsa arab tentang matematika. Tapi ujung-ujung nya malah menjelek jelekan bangsa arab . Bahkan banyak kalimat - kalimat tidak senonoh. Astaghfirullah... Dari pada terjebak dalam suasana marah, Rona langsung menutup link itu dan mulai nge posting blog ini.
Langsung aja. Buat temen-temen semua dan pengunjung blog ini, ternyata ilmuwan matematika pada awal abad masehi adalah muslim. Merekalah yang mengembangkan dasar - dasar ilmu matematika.

Sekarang yang simpel dulu aja. Bilangan nol. Di dunia maya banyak yang mempertanyakan bilangan nol apakah di temukan bangsa arab. Dan sebenarnya memang iya! Ada yang bilang bangsa maya juga memakai bilangan nol. Jangan salah bangsa-bangsa ketika itu juga memakai bilangan nol, tapi yang hebat adalah. Bilangan nol atau bentuk nol yang digunakan sampai sekarang ini adalah dari bangsa arab > O <. Bangsa maya memakai bilangan nol tapi bentuk dari bilangan nol itu sendiri sangat susah dibuat dan tidak simpel. Juga bangsa - bangsa lainnya. Jadi Bentuk angka nol yang digunakan sampai sekarang di seluruh dunia adalah temuan bangsa arab. Banyak ilmuwan matematika muslim, seperti Jabir, al-Khawarizmi, ar-Razi, al-Mas’udi, al-Wafa, al-Biruni dan Umar Khayyam. Dan hanya setelah abad ke-11 M barulah muncul nama-nama seperti Gerard dan Roger Bacon. Tapi kehormatan atas ilmu masih disandang ulama-ulama Muslim dalam kurun dua abad berikutnya yaitu Ibnu Rushd, Nashiruddin at Thusi dan Ibnu Nafis.

Musa al khawarizmi (780-850 M) adalah salah satu dari scientific minds of Islam, yang punya pengaruh dalam pemikiran matematika lebih dari ilmuwan abad pertengahan manapun. Dia bukan hanya menyusun buku aritmatika tapi juga tabel-tabel astronomi. Magnum opusnya hisab al jabr wa-l-muqabalah telah diterjemahkan kedalam bahasa latin dan digunakan selama empat abad sebagai buku panduan utama dalam mata kuliah aljabar di universitas-universitas terkemuka di seluruh Eropa.

Lalu, penyair ternama dan juga ahli matematika yang handal, Umar Khayyam (1048-1122 M) dan Nashiruddin at Thusi (1201-1274 M) menunjukkan bahwa setiap besaran rasio, yang sepadan maupun tidak, adalah bilangan, rasional maupun irrasional. Dan teori tersebut kemudian secara pelan dan lambat menuju kesempurnaannya disaat bermulanya zaman renaissance di Eropa.

Waw.., hebat ya pendahulu-pendahulu kita.

Dan ini, salah satu cabang ilmu matematika yang sepertinya cukup bikin otak kita kita keriting. Adalah Aljabar!

Kata "aljabar" adalah nama setelah Arab kata "al-jabr, " dari sebuah buku yang ditulis oleh Islam Persia matematika, Muhammad bin Musa al-khwarizmi (dianggap sebagai ayah dari algebra"), di 820. Jadi inget ruangan kelas matematika di sekolahku yang dinamai "Al-Gebra".

Ribuan tahun lalu, bangsa Arab menemukan ALJABAR, ilmu dasar matematika yang merupakan cikal bakal ilmu-ilmu modern yang dikemudian hari berkembang terus dan menumbuhkan ilmu-ilmu baru. Matematika modern, Goneometri, Analitika, Stereometri, Linier Programming, Operation Research, dan berbagai ilmu untuk memecahkan berbagai masalah.

Nah, itu dia sedikit informasi tentang matematika dan Islam. Semoga bisa jadi pemahaman baru dan semangat baru untuk belajar matematika. Karena ternyata itu berasal dari para pendahulu kita.

Okay, lets say I LOVE MATHEMATICS! *walau dengan berat hati, hhaha*

JAzakallah. Wassalamualaikum... :D

LOVE itu CINTA


Assalamualaikum...

Tulisan ini jujur dari Rona. Dengan segala keterbatasan Rona. Menulis tentang sebuah kata yang memiliki arti besar, LOVE.., CINTA

LOVE, sebuah kata yang memiliki banyak persepsi. Bisa dibilang LOVE adalah sesuatu yang paling mempengaruhi hidup seseorang. Jika ada yg bilang CINTA bukan segala-galanya, berarti dia blom mengerti apa itu arti CINTA sebenarnya. LOVE bisa ditujukan pada siapapun, apapun. Kita bisa melakukan apapun atas dasar CINTA.

Cinta kita pada Allah, membuat kita selalu mencoba beriman. Air mata pun tak canggung keluar ketika mengingatNya. Allah yang selalu memberi kita rizki untuk bernafas, menghirup udara segar tanpa harus menggunakan tabung - tabung oksigen yang mahal. Allah yang selalu menopang kita, padahal perbuatan kita buruk di buminya Allah ini. Astaghfirullah.., Ya Allah.. Aku CINTA padaMu. Berikanlah rasa ini bukan hanya dalam lisanku tapi juga perbuatanku. Semua remaja-remaja di dunia ya Allah.. Ya Allah, ya Rahman, ya Rahim, ya Malik, ya Quddus..., bahkan akupun tak mampu menyebutkan semua namamu itu ya Allah...

Cinta kita pada Rosul yang membela kita mati-matian. Rosul yang mengkhawatirkan kita, umatnya. Apa kita selama ini mengkwatirkan mereka? berpikir pun tidak. Rosulullah yang menyebut-nyebut kita sebelum beliau meninggal. "Ummati, ummati, ummati, bagaimana umatku esok..." Ya Allah.., apakah ada manusia yang tidak terenyuh hatinya ketika mereka disebut-sebut oleh Rosul sesaat sebelum beliau meninggal..

CINTA mampu menimbulkan berbagai emosi, sedih, marah, kecewa, cemburu.. CINTA pada lawan jenis. Kalau ini mungkin yg paling banyak dipikirkan oleh remaja2 sekarang. Tapi banyak orang menCINTAi lawan jenis dan terlalu posesif. Menganggap hanya dia yang bener. Mikirnya cuma dia terus, itu buruk. Apalagi jika sudah terjadi kontak fisik. Awalnya sih pegangan tangan, lama2.., yahh taulah sendiri. Itulah Islam melarang kita pacaran yang seperti itu, itu bukti CINTA Allah sama kita. Tapi bukannya terus kita gak boleh pacaran. Kalo kita bisa membatasi diri, menjadikan itu sebuah motivasi, I think its okay.

Yang pasti, CINTA adalah bagian terpenting dalam hidup kita. Tidak ada hidup tanpa CINTA, juga CINTA tanpa kehidupan..,

hhaha, perjalanan hidup ROna juga tak bisa dilepaskan dari CINTA.

Salah satunya CINTA saudara2ku yang mau menyisihkan uang mereka untuk mendukung dan sms ketika Rona di Pildacil. Sekali lagi, aku kangen Pildacil! hhaha.

dalam menuliskan postingan ini pun juga atas dasar CINTA :D . . ., lets share about love. Tolong berikan juga apa arti CINTA menurut kalian lewat komen..

Allah Allah Allah..

Wassalamualaikum...

Buat Video untuk Nahninu video contest !

Assalamualaikum...

Simpel aja. Kebetulan tim ku (Rona, Astrid, Farid, Naulul), bikin video buat ikutan Nu Green Tea video contest. Nah, karena deadline sekolah yang menggila, kita baru bisa bikin videonya H-2 deadlinennya (28 feb). Dan alhamdulillah..., selesai juga, walopun dengan kekurangan -kekurangan di sana- sini tentunya.

Tolong apresiasi video kita ya dengan cara komen dan vote di site dibawah ini. Kebetulan ada 2 video, jadi vote dua duanya ya.. hhehe :D

SITE (karena nggak bisa di copy paste, aku kasih manual aja ya)

buka www.nahninu.com and then buka video listnya, trus buka halaman 3 dengan judul "Ekspresikan caramu tuk dapetin Nu green tea", yang kedua di halaman 4, judulnya "Nothing is Impossible with Nu green tea"...

ENJOY..

"Perempuan Berkalung Sorban", satu lagi film yang membuatku makin cinta karya anak bangsa




Assalamu alaikum ya akhi, ya ukhti..!


Alhamdulillah, aku udah sempet nonton film ini, "Perempuan Berkalung Sorban" (anggep aja PBS), sebuah film yang membuatku makin cinta dan optimis dengan karya film anak bangsa. Aku disini bukan seorang kritikus ataupun pemerhati film. Aku cuma pelajar SMA dan pecinta film yang mencoba untuk mengapresiasi sebuah karya negeri sendiri. Dasarnya emang aku suka dunia itu.


Kelas pilihan "Performing Art"(PA) di sekolahku ngadain nonton bareng PBS, tp karena dana sebesar 180-200 ribu gak di setujui, kita swadaya sendiri. Yg ikut (Aku, nety, momon, TM, Farid, Allan, Yogi, Septa, Sari, Zera)~~(intermezzo~~)


Well.., oke langsung aja. Awalnya emang ak udah tertarik banget sama nih film, mengangkat soal perempuan, sutradaranya Hanung, udah gitu penulis novelnya adalah istri dari guru PA ku. Waww.., *kenapa aku gak ikut castingnya ya*. Aku sempet baca2 di koran, tabloid, dan liat di TV soal film ini. Aku makin penasaran, karena banyak yang bilang ceritanya sangat sensitif dan Hanung siap menanggung kontroversi *bener g si tulisan kotroversi nya*. Apa? menanggung kontroversi?, emangnya film seperti apa? *maklum gtw novelnya*, sebegitu vulgar kah?, sebegitu menyinggung kah?


Nah.. pertama kali film dimulai Mas Hanung udah menyuguhkan tata sinematografi *berat euy*dan pencahayaan yang bagus banget. Pokoknya skill nya dikeluarin banget deh. *hhaha, tau apa kamu ron..*. Waktu cerita dah masuk intinya menurutku belom pernah ngebosenin, mataku selalu tertuju sama layar. Ya sama waktu aku sengaja liat orang2 disekitarku, serius abis!, seperti g mau ketinggalan 1 scene pun. Sama kayak aku sih. Dan satu yang paling penting, ceritanya gak gampang ditebak.


FIlm ini mengambil latar belakang tahun 91-92an di daerah Jombang (pesantrennya), *eh, jd inget guru Universalisme Islam ku d skul, beliau jg anak pesantren Jombang, hhaha, jangan jangan... ~~ apa sih*. Menceritakan seorang anak kyai bernama Annisa yang berani melawan arus yang sudah ada dalam pesantren itu. Pesantrennya memang pesantren tradisional yang kaku, enggak ngebolehin baca buku kecuali dr pesantrennya sendiri, menganggap perempuan hanya bisa di dapur jadi istri yang baek, dan semacamnya. Annisa dinikahkan sama anak kyai , padahal Annisa sangat tidak mau. Annisa masih cinta dengan Khudori yang meninggalkannya untuk sekolah di Al Azhar, Kairo. Dan disitulah perjuangan dan kesengsaraan Annisa dimulai. Abi nya yang sangat kaku, dan Umi nya yang sangat patuh perintah suami.


Rona nggak bisa ngejelasin sampai detailnya, makanya tonton film ini. Dijamin nggak rugi.


Scene paling berkesan:
1. pas di kelas ngliat ekspresi wajah santri wktu diajar *mungkin aku akan melakukan hal yang sama jika ada di posisi mereka*

2. Pas annisa bangun dr tidurnya, kea mimpi gtu, kirain beneran padahal udah nangis, eh emang beneran.. brrr

3. Waktu khudori ngrayu Annisa *pas udah nikah lo*, mupeng banget

4. Pas ending Annisa plg bersama santri yang kabur, dan mengucapkan sesuatu yang membuat para santri mencium tangannya

5. Ketabrak mobil (gimana mbikinnya tuh)

6. Waktu temen lama Annisa di pesantren ketemu di jogja, dia bilang ada temennya yg namanya siti, sekarag g mau dipanggil Siti, maunya Sita. (Wakkaka, itu Indonesia abis!)

7. Waktu Annisa benar-benar putus asa, dan meminta khudori untuk berzina sama Annisa. Bukan apa2, tp ini bener2 enggak diduga. (Di scene ini gak ada adegan buka2 an loh)

8. Adegan Annisa dan Khudori mau di lempar batu karena dituduh berzina. Tapi Ummi berteriak dan mengucapkan sesuatu yang membuat semua orang mundur dan tidak berani melempar batu ke arah mereka berdua, termasuk kyai disana. = "Hanya yang tidak pernah berbuat dosa saja yang boleh melempar batu ini"


Congratulation:

Bu Abidah El Khaliqie :(novelnya laen dari pada yang laen buk, bagus!, termasuk akting ibu di film itu, hehehe, eksis juga :D)

Mas Hanung Bramantyo :(wah, kliatan skillnya gak maen2, aku emosinya di aduk2 nih.., buat aktingnya mas hanung, eksis juga, hhaha. Kapan saya Rona Pildacil dari Jogja *narsis* yang sudah beranjak remaja ini diajak maen film? *hhaha ngarep*, mencari kesempitan dalam kesempatan. Apa sih

Buat Revalina: filmnya laen sama yang pernah dia peranin, berani ngambil resiko, perannya total

Dan semua yang bekerja untuk film itu.

TIPS: Kalo buat anak SMP, mendingan didampingi ortu. Buat anak SMA insyaAllah udah bisa ngebedain mana yang baek dan buruk. Memang ada adegan2 mesra, tp enggak porno atopun bikin orang berpikir aneh2. Enggak kayak adegan nya DS dan MZ di film UTT. Atopun adegan aneh2 di film TPP.

Trimakasih secara pribadi dari aku, karena membuatku terinspirasi untuk bikin film pendek yang sarat hikmah dan mampu membuka pikiran masyarakat. tentu dengan segala keterbatasan yang Rona miliki.

Jazakallah.Wassalamualaikum...

Total Pageviews

Tentang Saya

My photo
Yogyakarta, Sleman, Indonesia
Seperti mentari yang merona-rona. Mungkin itu alasan sekaligus harapan orang tua saya memberi nama Rona Mentari. Saya adalah juru dongeng. Beraktivitas di dunia ini sejak tahun 2000. Dongeng menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Salam kenal! Mari bersilaturahim juga via instagram di @mentarirona

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah catatan tulisan berdasarkan pengalaman, cerita, karya, dan berbagai cerita penulis - Rona Mentari. Kadang juga berisi celotehan kekesalan berbentuk puisi atau sekedar kegundahan tentang sekitar.

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget

Followers