Rona Mentari

tell a story, reap a wisdom

Belajar dari Ikan

Assalamualaikumm sahabat!
Simak kisah ini yuk..

Dahulu di Jepang, nelayannya mencari ikan di laut yang kemudian hasil tangkapan itu dibawa kembali ke daratan. Tapi orang-orang Jepang tidak suka, kenapa? karena ikannya nggak segar, dan orang-orang Jepang tidak mau makan. Ikan pun nggak laku.
Kemudian di hari berikutnya, nelayan ini mencoba mendinginkan ikan hasil tangkapan itu di es. Sampai ke darat ternyata orang-orang Jepang tidak suka ikan yang dibekukan.
Selanjutnya, nelayan itu mencari ide lain. Dan diputuskanlah bahwa ikan-ikan hasil tangkapan itu dimasukkan ke wadah berisi air yang ada di kapal. Jadi ikannya masih bisa berenang-berenang. Tapi karena wadahnya kecil, ikan itu jadi lemas, walaupun masih hidup. Setelah di daratan, ternyata orang-orang Jepang tidak suka, karena daging ikan yang tidak enerjik itu jauh lebih tidak enak.
Nelayan ini pun tidak kehabisan pikiran. Hari kemudian, ia memasukkan ikan hiu kecil di wadah ikan yang ada. Dan ternyata berhasil! Ikan-ikan itu berenang enerjik kesana kemari untuk menghindari hiu. Dan setelah di daratan, orang-orang suka, dan ikan ini laku di pasaran.

Jadi apa hikmahnya? bergerak! berkarya! untuk jadi yang terbaik sahabat! :)  

Karena 'Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya' (QS At Tin)

(Hari ini, Allah mempertemukan saya dengan orang-orang hebat dari seluruh Indonesia lewat Forum Indonesia Muda. Ini adalah salah satu kisah yang dipaparkan salah satu pembicaranya, Jamil Azzaini)

jazakallah
Wassalamualaikum..

1 komentar:

srinoorch May 7, 2012 at 3:07 PM  

ayooo dek cari hiuu kecil, hhehe...
senang sekali bisa bertemu rona dlm kesempatan ini. Sosok muslimah dgn segudang potensi yg luar biasa dahsyat....smoga Alloh pertemukan kita kmbali dlm JannahNya ya dek :))

Total Pageviews

Tentang Saya

My photo
Yogyakarta, Sleman, Indonesia
Seperti mentari yang merona-rona. Mungkin itu alasan sekaligus harapan orang tua saya memberi nama Rona Mentari. Saya adalah juru dongeng. Beraktivitas di dunia ini sejak tahun 2000. Dongeng menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Salam kenal! Mari bersilaturahim juga via instagram di @mentarirona

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah catatan tulisan berdasarkan pengalaman, cerita, karya, dan berbagai cerita penulis - Rona Mentari. Kadang juga berisi celotehan kekesalan berbentuk puisi atau sekedar kegundahan tentang sekitar.

Popular Posts

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget

Followers