Rona Mentari

tell a story, reap a wisdom

27 Negara, 155 Hari


Bismillahhirrahmannirrahim

Hi readers! 
Setuju nggak, bertemu dengan orang-orang keren itu sangat menyenangkan! Kita bisa belajar banyak dari mereka dan terinspirasi dari apa yang mereka lakukan. Kalau sudah begitu, kita jadi semangat melakukan hal keren pula. Pun begitu dengan saya.

Perjalanan saya, kakak, dan teman ke Kuala Lumpur mempertemukan kami dengan sebuah keluarga keren! Apa kerennya?

Begini ceritanya, saat kami mendatangi sebuah pasar rakyat di Perak, Kuala Lumpur, di ujung kawasan ada sebuah stand dengan mobil van putihnya. Di sekeliling van putih tersebut terdapat foto-foto dan stiker bendera-bendera dari berbagai belahan dunia. Penasaran, kami pun mendekatinya. Semakin dekat ternyata semakin keren! Ada sebuah video ditampilkan melalui proyektor yang diarahkan ke badan van. Sebuah video perjalanan sepertinya. Ada juga souvenir-souvenir seperti t-shirt, magnet kulkas, dan cinderamata dari berbagai belahan dunia yang mereka jual. Saya bertanya pada salah satu diantara mereka yang kemudian saya tahu adalah anak perempuan tertua dari keluarga ini.


Mereka adalah keluarga asli Malaysia dan tinggal di UK. Bersama van putih yang sudah dimodifikasi seperti rumah sendiri itu, mereka melakukan perjalanan selama 155 hari ke 27 negara! Wow!



Belum lagi yang membuat saya kagum adalah, keluarga ini terlihat seperti sebuah keluarga muslim yang taat, semua anak perempuannya berjilbab, bahkan ibunya bercadar!


Dalam perjalanan tersebut mereka tidak menggunakan sopir tambahan. Hanya Sang Ayah dan Ibu yang menyetir bergantian. Saya sempat berbincang dengan Ibunya, ia banyak mendapat pengalaman dari perjalanan luar biasa ini. Ia mengatakan banyak hal kepada kami, bahwa sebagai seorang muslim berjilbab, bukan berarti kita tidak bisa melakukan banyak hal, karena jilbab bukanlah halangan kita untuk beraktifitas. I noted that Mom! J

Menyatukan keluarga dengan satu visi yang sama menurut saya juga hal yang patut diapresiasi. Apalagi saat saya berbincang dengan anak perempuan tertua, mereka sengaja melakukan home schooling dan berkomunikasi dengan guru via email selama perjalanan. Keren sekali!



Ingin punya mobil semacam ini juga nanti. Ingin melakukan perjalanan semacam ini juga, nanti. :) Amin!

0 komentar:

Total Pageviews

Tentang Saya

My photo
Yogyakarta, Sleman, Indonesia
Seperti mentari yang merona-rona. Mungkin itu alasan sekaligus harapan orang tua saya memberi nama Rona Mentari. Saya adalah juru dongeng keliling. Storytelling Activist. Dongeng menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Salam kenal! Mari bersilaturahim juga via instagram di @mentarirona

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah catatan tulisan berdasarkan pengalaman, cerita, karya, dan berbagai cerita penulis - Rona Mentari. Kadang juga berisi celotehan kekesalan berbentuk puisi atau sekedar kegundahan tentang sekitar.

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers