Rona Mentari

tell a story, reap a wisdom

Nasihat Luqman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Alhamdulillah, wasyukurillah..

Sahabat, pernahkah mendengar nama Luqman? Bukan Luqman teman sekelas kita atau tetangga kita ya.. tapi Luqman, seorang bapak yang disebut namanya dalam Alquran. Bahkan diabadikan dalam salah satu nama surat dalam Alquran. Dalam kisah Luqman ini, banyak dijelaskan bagaimana orang tua mendidik anaknya..

Nah, dari blog temen saya Sari, berikut beberapa tulisan Quraisy Shihab tentang nasihat Luqman kepada anaknya. Ada banyak poin, tapi ini diambil beberapa poin yang dekat sama kehidupan kita.. :)



19. Anakku, hati-hatilah terhadap yang engkau ucapkan, karena engkau akan selamat selama engkau diam. Engkau seharusnya hanya berbicara menyangkut apa yang bermanfaat.


6. Anakku waspadailah kemalasan dalam menuntut ilmu. Tentukanlah bagian tertentu dari malam, siang serta waktu luangmu untuk menuntutnya, karena sesungguhnya tidak ada pengabaian yang lebih buruk daripada mengabaikan hal ini. Janganlah bersikeras berdiskusi ketika menghadapi pembangkang, jangan membantah siapa yang berpengetahuan, jangan memusuhi penguasa, jangan berjalan dan berteman dengan penganiaya, jangan bersaudara dengan pendurhaka, jangan juga sering dengan tersangka. Peliharalah pengetahuanmu sebagaimana memelihara emas dan perak. Pengetahuan dipelihata dengan mengamalkannya. 





7. Tidak ada baiknya mempelajari apa yang belum engkau ketahui, selama engkau belum mengamalkan apa yang telah engkau ketahui. Ini seperti pengumpul kayu yang tak mampu memikulnya, tetapi ia menambah lagi kayu yang lain. 



20. Hendaklah kalimat-kalimatmu benar dan baik, dan hendaklah wajahmu ceria dan tulus, niscaya engkau akan lebih disenangi daripada orang yang memberi aneka hadiah. 

25. Anakku, seandainya engkau tidak memiliki sesuatu untuk membantu kerabatmu dan teman-temanmu, maka jangan sampai engkau pun tidak memiliki budi pekerti, kalimat indah dan  muka manis yang engkau hadapkan kepada mereka. Sungguh siapa yang berbuat demikian, pastilah disukai oleh orang-orang baik dan dijauhi oleh para penjahat. Puaslah (setelah usaha maksimal) dengan hasil perolehanmu yang dianugerahkan Allah, agar jiwamu tenang dan damai. Jika enkau menghendaki kemuliaan dunia dan akhirat, maka putuskanlah keinginanmu menyangkut apa yg diinginkan orang lain. Para nabi, shiddiqin meraih kedudukan yang tinggi setelah memutus ketamakan mereka. 

23. .........................Anakku, jika tiba waktu shalat, maka segeralah shalat, sehingga bebanmu menjadi ringan. Shalat adalah hutang, maka bersegeralah membayar hutangmu. Shalat berjamaahlah walaupun diatas "kepala tombak"............


"Sungguh pada kisah-kisah (di Alquran) itu terdapat pelajaran (hikmah) bagi orang-orang yang berakal" QS Yusus 111

Semoga bermanfaat.. 

  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

2 komentar:

Akh Joko May 20, 2012 at 1:23 AM  

subhaanallooh... tepat sekali...

Luqman adalah satu-satunya sosok ayah dari rakyat biasa yang namanya disebutkan oleh Allah SWT, mari teladani... :)

ronamentari May 21, 2012 at 11:05 AM  

Ralat: QS YUSUF 111 :D

Total Pageviews

Tentang Saya

My photo
Yogyakarta, Sleman, Indonesia
Seperti mentari yang merona-rona. Mungkin itu alasan sekaligus harapan orang tua saya memberi nama Rona Mentari. Saya adalah juru dongeng. Beraktivitas di dunia ini sejak tahun 2000. Dongeng menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Salam kenal! Mari bersilaturahim juga via instagram di @mentarirona

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah catatan tulisan berdasarkan pengalaman, cerita, karya, dan berbagai cerita penulis - Rona Mentari. Kadang juga berisi celotehan kekesalan berbentuk puisi atau sekedar kegundahan tentang sekitar.

Popular Posts

Powered by Blogger.
There was an error in this gadget

Followers