Rona Mentari

tell a story, reap a wisdom

Catatan Makkah


Bismillah..
Assalamualaikum..
Saat menunaikan ibadah sholat di masjidil haram. Saya bertemu orang Turki, rupawan wajahnya. Ia duduk disebelah saya. Beberapa saat kemudian, datang seseorang yang ingin meminjam kursi miliknya. Peminjam membutuhkan kursi itu untuk sholat ibunya yang sudah tua. Dengan senang hati, ia meminjamkannya.

Saya memulai pembicaraan dengan bertanya dari mana ia berasal. Benar dugaan saya, dia orang Turki. Salah satu negara yang berniat akan saya datangi suatu saat nanti. Dalam percakapan itu, ia mengatakan kalau orang Indonesia sangat baik dan tenang. Dia senang dgn orang Indonesia. Mungkin menurut saya, bisa dibilang lebih sopan dan penurut. Saya jadi ingat perempuan pengatur jamaah disana, atau sering disebut 'laskar' yang sering mengatakan "baguss", untuk jamaah Indonesia yang tertib.
Idealnya, tentu bukan hanya tertib di negeri orang dan rumah Allah ya..
Tapi juga tertib saat antri, berkendaraan, dan semacamnya :)

Beberapa saat kami berbincang, saya tahu, ternyata perempuan Turki ini sedang mengandung. Ia meminta anaknya didoakan. Dan uniknya, ia sering meminta didoakan oleh sesama jamaah disana, agar bayinya sehat tentunya. Ya, di Al haram, kami sesama jamaah memiliki satu niat yang sama yaitu beribadah. Mungkin alasan ini yang membuat perempuan ini meminta para jamaah mendoakan. Karena disini, semua berusaha untuk berdoa dengan ikhlas, menghisab diri, meminta ampun, dan berorientasi hanya pada Allah. 

Saya banyak belajar. Tidak jarang kami diingatkan oleh sesama jamaah, terutama dari luar Indonesia jika terdapat kesalahan. Alhamdulillah, pun begitu dengan saya yang mendapatkan dua kali kesempatan diingatkan oleh sesama jamaah.

Pertemukan kami dan pertemukan kami kembali dalam pusaranMu itu ya Rabbi.. :) Amin..

Wassalamualaikum..

1 komentar:

najmthree May 30, 2012 at 8:09 AM  

Subhanallah walhamdulillah, senangnya ya de'rona bisa dpt kesempatan utk datang ke rumah Allah. Do'akan jg spy kpn2 mba bisa nyusul :)
jazakillah khoyr de, udh mampir ke blog mba..ttp semangat da'wahnya ya..

Total Pageviews

Tentang Saya

My photo
Yogyakarta, Sleman, Indonesia
Seperti mentari yang merona-rona. Mungkin itu alasan sekaligus harapan orang tua saya memberi nama Rona Mentari. Saya adalah juru dongeng keliling. Storytelling Activist. Dongeng menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan saya. Salam kenal! Mari bersilaturahim juga via instagram di @mentarirona

Tentang Blog Ini

Blog ini adalah catatan tulisan berdasarkan pengalaman, cerita, karya, dan berbagai cerita penulis - Rona Mentari. Kadang juga berisi celotehan kekesalan berbentuk puisi atau sekedar kegundahan tentang sekitar.

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers